Kenali 7 Penyebab Bau Badan Yang Kerapkali Anda Abaikan

Memiliki masalah bau badan adalah isu yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Penyebab utama bau badan adalah produksi keringat berlebih yang kemudain bercampur dengan bakteri. Bakteri cenderung menyukai tempat yang lembab dan gelap, seperti ketiak, kaki ataupun bagian tubuh lainnya.

Ada bebera penyebab bau badan, apa saja?

  • ¬†Stres

Tanpa anda sadari ketika anda stres dan banyak pikiran, produksi keringat akan meningkat . Senyawa yang dihasilkan kelenjar Apokrin ini memiliki kandungan air sangat sedikit, serta ketika bercampur dengan bakteri dari lemak dna protein, hal inilah yang menyebabkan bau.

Bedanya dengan keringta ketika anda berolah raga atau aktivitas fisik luar ruangan, sebagaian besar keringat berupa air. Sehingga tidak menghasilkan bau seperti keringat saat anda stress.

  • Bau Kaki

Kaki merupakan tempat pertumbuhan bakteri yang sangat ideal. Kondisinya yang lembab, gelap dan selalu tertutup, sehingga produksi keringat sedikit saja akan menjadikannya cepat bau. Untuk itu sering-seringlah mencuci sepatu, mengganti kaus kasi yang bersih, serta memastikannya dalam keadaan kering untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri penyebab bau di kaki anda.

  • Bra yang jarang diganti

Perempuan seringkali hanya memiliki beberapa bra yang benar-benar pas dan nyaman untuk digunakan. Selain itu banyak yang malas untuk mencuci bra, dan menggunakannya berulang-ulang. Karena bra bersentuhan langsung dengan kulit yang rawan berkeringat, Bra haruslah dicuci sesering mungkin, serta haruslah dipilih bahan yang cepat menyerap keringat. Begitu juga dengan celana dalam yang anda kenakan

  • Makanan yang anda konsumsi

Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan bau badan. Seperti brokoli dan bawang-bawangan. Bila anda mengkonsumsi secara berlebihan, kandungan dan senyawa penyebab bau badan masuk dalam sistem metabolisme anda, termasuk darah. Ini menyebabkan keringat anda lebih berbau, dan secara tidak langusng membuat bau badan anda tidka sedap.

  • Gangguan Genetika

Kelainan disebut TrimethylAminiura, yaitu kondisi dimana tubuh tidak mampu memecah senyawa. Senyawa tersebut kemudian dikeluarkan dalam bentuk keringat dan urin. Kelainan ini juga yang membuat kenapa ikan berbau amis.

  • Alkohol

Alkohol yang dikonsumsi akan masuk dalam aliran darah dan sebagian dikeluarkan melalui pori-pori berupa kerinngat. Sehingga, apa yang anda minum biasanya akan lekat baunya pada keringat dna badan anda.

  • Penyakit Diabetes

Bila diabetes tak diobati, mungkin Anda akan mengalami yang disebut ketoasidosis diabetikum. Tanpa cukup insulin, tubuh mulai memecah lemak untuk bahan bakar, yang menyebabkan terbentuknya keton dalam tubuh. Menurut MayoClinic, penumpukan tersebut bisa menghasilkan bau badan dan mungkin tanda Anda perlu ke dokter.

Beberapa orang juga melaporkan perubahan serupa dalam bau badan ketika beralih dari diet berat daging-dagingan ke rendah karbohidrat. Diet rendah karbohidrat diketahui membuat napas berbau.

You may also like...