Kenali Gejala Dehidrasi Serta Cara Mudah Untuk Mencegahnya

Urin adalah salah satu indikator termudah untuk mengetahui gejala dehidrasi. Warna urin menunjukan seberapa besar tubuh kehilangan cairan. Semakin pekat warna urin maka semakin besar kemungkinan tubuh terkena dehidrasi, saat urin mulai berwarna pekat sebaiknya anda mulai banyak minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Air mengisi lebih dari 60 persen bobot manusia. Sehingga saat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) maka keseimbangan dalam tubuh terganggu. Hal itu akan menghambat sistem kerja pencernaan, metabolisme, pengeluaran racun dari tubuh, serta berkurangnya kelembapan kulit.

Saat tubuh kekurangan cairan, gejala awalny adalah pusing pusing dan susah fokus, sering merasa lelah dan kebingungan. pada tahap berikutnya bisa menyebabkan turunnya kesadaran bahkan kejang-kejang. Untuk itu, mestilah kita memenuhi kebutuhan minum harian, agar tubuh tetap fit dan metabolisme tubuh terjaga.

Kebutuhan minum harian orang dewasa rata-rata 8 gelas perhari atau setara dengan 2 liter. Jumlah tersebut tentunya juga dipengaruhi oleh usia, aktivitas harian, kondisi cuaca, serta kondisi kesehatan itu sendiri. Ibu hamil misalnya kebutuhan minum tentu lebih banyak, lebih-lebih untuk ibu yang menyusui. Untuk itu haruslah kita mengetahui kebutuhan hariannya, agar tubuh tidak deehidrasi.

Sumber cairan utama memanglah dari air yang diminum, namun makanan lain, seperti buah-buahan yang banyak air tentu ikut menyumbang untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Namun apabila tubuh sudah kekurangan cairan cukup banyak, tentunya harus ditangai dengan serius.

  • Pengobatan dehidrasi pada bayi

Pemberian ASI adalah yang paling tepat sebagai asupan utama bayi dan tambahan dengan susu formula/asupan lainnya. Apabila dehidrasi disebabkan oleh diare, hentikan sementara pemberian susu formula yang mengandung laktosa, karena laktosa susah dicerna oleh bayi. Secara periodik berikan larutan gula garam (oralit) untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang. Bila dikhawatirkan, segera konsultasi dengan dokter.

  • Pengobatan dehidrasi pada anak anak dan dewasa

Minum air secukupnya, terutama setalah melakukan aktivitas fisik dan kegiatan luar ruangan. Hindari minum berlebihan, karena justru bisa membuat kadar mineral tubuh menurun dan memperburuk kondisi tubuh.

  • Pengobatan dehidrasi pada atlet

atlet biasanya memproduksi keringat berlebih akibat akitivitas fisik. Untuk itu, disarankan untuk minum cairan energi yang mengandung elektrolit, untuk menggantikan garam-garam yang hilang.

  • Pengobatan Dehidrasi berat

Bila tubuh kekurangan cairan sudah melewati ambang batas, haruslah segera ditangani dengan cara medis. Biasanya penderita akan dipasangi infus dan diberikan gula, garam melalui cairan infus.

Meskipun terlihat sepele, kurang minum sering menyebabkan kurang fokus dan kelelahan. untuk itu selalulah penuhi kebutuhan minum harian anda

You may also like...