Gigi Putih Saja Belum Tentu Sehat. Coba Perhatikan Hal Ini

(Artikel Kesehatan) ~ Gigi Putih kerapkali dianggap sebagai salah satu indikator mulur bersih dan sehat. Namun, Putih saja tidak cukup. Karena kuman penyebab masalah mulut tidak terlihat kasat mata.

Ahli kesehatan gigi, Drg Eva Fauziah Sp. KGA menjelaskan kalau gigi putih bersih bukan patokan gigi yang sehat. Sebab kuman penyebab masalah gigi tak berwarna dan tak terlihat oleh mata.

Plak pada gigi umumnya membuat gigi berwarna kekuningan. Nmaun ada juga plak yang berwarna putih. Keberadaan plak ini tidak terlalu disadari oleh pemiliknya. Plak adalah lapisan lunak bakteri sisa makan yang menempel pada gigi.  Satu gram plak mengandung setidaknya 100 milyar bakteri.

Jika plak dibiarkan akan menimbulkan kerusakan gigi. Timbulnya karang gigi ataupun kerusakan gusi.  Pada kasus yang lebih ekstrem, gigi bisa copot sendiri akibat dikerjai oleh bakteri. Semua bisa terjadi meski gigi terlihat putih bersih.

“Cara mudah mengetahui keberadaan plak bisa dengan mengorek permukaan gigi dengan ujung kuku. Jika terdapat semacam lapisan putih menempel di kuku, itu yang disebut plak,” papar Eva dalam Media Briefing Preliminary Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2016 di Jakarta.

Untuk itu, lanjut Eva, tiap orang perlu membersihkan dan memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi. Meski giginya sudah terlihat putih bersih dan terawat.

Baca Juga :

Kebiasaan yang dapat mencegah penyakit kanker payudara

Girls .Hindari Hal ini saat anda tengah Menstruasi

You may also like...