Radiasi Ponsel Memicu Kanker Otak. Mitos Atau Fakta?

(Mitos Atau Fakta) ~ Radiasi ponsel dipercayai mampu memicu berbagai macam penyakit. Misalnya saja, menempatkan ponsel di tempat tidur akan membuat kita Insomnia hingga keprcayaan lain seperti radiaso ponsel dapat memicu kanker otak. Tak hanya ponsel, hampir semua device elektronik memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik, hanya saja dalam intensitas berbeda. Sebagai alat komunikasi memang ponsel memancarkan radiasi lebih besar, Namun benarkah ponsel dapat memicu kanker otak?

Baca Juga : Kebiasaan yang dapat Mencegah dari kanker Payudara

Pada tahun 2009 santer terdengar tentang penggalakan stiker tentang bahaya kanker yang ditempelkan di setiap ponsel yang dijual di kota San Fransisco, Amerika Serikat. Hal itu bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya radiasi ponsel yang dipercaya memicu kanker lewat gelombang elektromagnetik.

Namun pada tahun 2013 peraturan tersebut dicabut. Karena dianggap tidak ada hubungan antara radiasi gelombang elektromagnetik dengan kanker yang diderita manusia. Sebuah penelitian di Australia mengatakan bahwa sejak 1982 sampai 2013, kasus kanker otak untuk wanita berjalan stabil. Sementara itu untuk laki-laki meningkat. Akan tetapi, laki-laki yang mengalami kanker otak berusia di atas 70 tahun. Itu artinya sebelum tahun 1982 dan belum ada ponsel yang tersedia untuk umum saat itu.

hasil penelitian tersebut menyatakan secara jelas bahwa tidak ada hubungannya antara radiasi ponsel dengan kanker otak. Karena kanker otak dominan diderita oleh orang berumur diatas 70 tahun dimana pada masa itu penggunaan handphone tidak seumum sekarang. Jadi, Radiasi Ponsel Data Memicu Kanker Otak adalah MITOS.

Baca Juga :

 Kanker payudara dapat menyerang laki-laki. Mitos Atau Fakta?

Saat Menstruasi Wanita dilarang Minum Es. Mitos Atau Fakta?

You may also like...